Rabu, 10 April 2013

Krisis Euro Kondisi Terbaru

krisis euro di eropa
Euro
Euro - Setelah Yunani mengalami kolaps keuangan negara, para pengurus Euro sekarang sedang dipusingkan dengan masalah keuangan Siprus.

Siprus terletak di sebuah pulau di sebelah Timur Laut Tengah, secara geografis sebetulnya masuk Asia tapi secara politis dan budaya masuk ke Eropa. Sejak tahun 1974, pulau kecil ini terbagi dua, bagian Selatan menjadi Republik Siprus dan bagian Utara masuk Turki, dengan nama Republik Siprus Utara Turki.




Antara Siprus Utara dan Selatan terbentang garis hijau, sebagai daerah bebas area yang membagi ibukota Siprus Nikosia. Daerah ini dijaga dan dikelola oleh UNO. Siprus bekas jajahan Inggris sampai tahun 1960, namun demikian sampai sekarang Inggris masih menempatkan 2 basis militernya di sana.

Sejak 1 Mei 2004 hanya Republik Siprus masuk menjadi anggota EU. Untuk mempertahankan keanggotaannya di Uni Eropa dan mengatasi krisis keuangan negaranya, Siprus harus menyediakan uang 5,8 milyar Euro agar mendapatkan bantuan atau bailout sebesar 10 Milyar Euro dari Uni Eropa, IMF dan Bank Sentral Eropa atau yang dikenal dengan Troika. Kebangkrutan Siprus ini dipicu oleh banyaknya kebangkrutan bisnis terutama bisnis dengan Yunani.



Beberapa usulan pemerintah Siprus untuk mengatasi krisis keuangan negaranya banyak ditentang oleh rakyatnya diantaranya :


1. Menarik pajak dari nasabah bank dengan simpanan besar dan kecil
2. Menarik 20% pajak dari nasabah bank dengan simpanan di atas 100.000 Euro

Permintaan bantuan melalui penjualan gas alam ke Rusia sayangnya juga tidak membawa hasil karena Rusia tidak tertarik. Batas waktu yang ditetapkan Uni Eropa hari Senin tanggal 25 Maret ini akhirnya berbuah manis bagi Siprus. Presiden baru terpilih Republik Siprus Nikos Anastasiadis akhirnya menurut tuntutan troika untuk mereduksi secara radikal usaha sektor bank, membekukan uang nasabah di atas 100.000 Euro, menyediakan 7 milyar Euro bukan lagi 5,8 Euro dan bank kedua terbesar Siprus dengan performa lebih buruk bank Laiki akan ditutup dan dana yang ada ditransfer ke Bank Siprus, yang berperforma lebih baik.
Kesepakatan ini tentu saja membuat lega 16 mentri keuangan Uni Eropa lainnya, tapi membuat para pemilik uang di bank menjadi geregetan.

Entahlah..,bila melihat kondisi seperti ini mempertahankan Euro apa masih menguntungkan.

Pergerakan harga forex

Kami menghadirkan informasi kurs valas dengan cepat dan akurat,




Analisa harga saham terupdate

Dalam dunia trading saham diperlukan ketepatan dan keakuratan dalam informasi saham harian, kami menyediakannya untuk anda.



Harga emas terkini


Kami memiliki info harga logam mulia emas dengan analisa dari pakar yang berpengalaman dalam trading saham emas.



Bursa komoditi


Segala informasi mengenai komoditi dikupas secara mendalam dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar